Fungsi Rahasia Google


Postingan kali ini saya akan membagi trik dalam menggunakan mesin pencari google,
pengguna internet sudah pasti mengenal dengan baik mesin pencari google, namun apa anda sudah tau fungsi-fungsi yang dapat membuat hasil pencarian anda menjadi efisien? jika sudah tau mendingan jangan dilanjutin bacanya,,, hhehehehehe

kalo belum tau sekarang, saya beri tips-tips menggunakan fungsi-fungsi mbah google nih:

  • Pikirkan baik-baik apa yang sebenarnya ingin anda dapatkan, pikirkan kata kunci yang tepat agar menghasilkan informasi yang diinginkan, ingat google bukan manusia, google hanya mencari halaman yang mengandung kata-kata yang anda masukan.
  • Secara default google menggunakan operator AND untuk setiap kata yang anda ketikan, misalnya anda mengetikan "belajar komputer" berarti google akan mencari halaman yang didalamnya terdapat kata "belajar" dan "komputer". Lain halnya jika anda mengetikan operator OR, misalnya anda mengetikan "belajar OR komputer" nantinya google akan mencari halama yang di dalamnya terdapat kata "belajar" atau "komputer", bisa salah satu atau keduanya. tentunya anda sudah tau logika OR bukan??
  • Gunakan tanda - (strip) untuk mengurangi hasil pencarian. Misal anda ingin mencari halaman yang terdapat kata "belajar komputer" dan tidak menginginkan halaman dengan kata-kata "hack", jika anda hanya mengetikan "belajar komputer" maka akan sangat banyak sekali hasilnya, dan mungkin banyak juga kata "hack" yang diikutsertakan pada hasil pencarian, untuk mengatasi hal tersebut ketikan saja "belajar komputer -hack" (tanpa tanda kutip yah,,,,) otomatis google tidak akan mengikutsertakan halaman yang di daalamnya terdapat kata "hack"
sudah dulu yah,,,
nanti saya lanjutkan di postingan selanjutnya,,,
masih banyak tugas kuliah yg harus dikerjakan nih,,,
hhehehehe,,,

akhir kata, semoga bermanfaat,, amin,,,

1 comment:

  1. Sejauh ini mesin pencari seperti google pastinya menggunakan sistem algorithma yang selalu berubah dengan demikian footprint yang digunakan pastinya selalu berbeda tanda petik dan kutip digunakan untuk memfokuskan keyword yang akan akan dikungjungi seperti misalnya website , aplikasi dan yang lainnya. Jadi sistem ini samahalnya dengan Al-jabar

    ReplyDelete