Perbedaan Fungsi getch() dan getche() Pada C/C++

Bagi anda yang sedang belajar C/C++ pasti sering menggunakan fungsi getch() ataupun getche(). Dari pengalaman saya banayak dosen Pemrograman yang kurang detail dalam menjelaskan kegunaan dari fungsi getch() ini. Nah untuk menambah pengetahuan, saya ingin sharing tentang fungsi getch ()dan getche().

Dari pengalaman saya, kebanyakan dosen pemrograman menjelaskan kegunaan dari fungsi getch() ini hanya digunakan untuk menghentikan suatu proses yang berjalan. Namun kegunaan fungsi getch() sebenarnya lebih dari itu, fungsi getch sebenarnya merupakan fungsi yang digunakan untuk membaca input dari keyboard. getch() ini merupakan kepanjangan dari Get Character. Dan karakter yang diambil oleh fungsi getch ini tidak akan ditampilkan pada console. Adapun karakter yang diambil dari keyboard hanya satu karakter.

Berikut adalah contohnya :

#include <stdio>
#include <conio>
main()
{
char a;
printf("Tekan sebuah tombol pada keyboard!");
a=getch();
printf("\nTombol yang baru anda tekan adalah %c",a);
getch();
}



pada syntax a=getch(); artinya apapun yang ditekan pada keyboard akan disimpan ke dalam variabel a. salah satu kegunaan fungsi getch() ini adalah untuk masking password. Untuk melihat contoh masking password silahkan klik disini.

Lalu apa perbedaan fungsi getch() dan getche()? Seperti yang dijelaskan tadi getch() merupakan kepanjangan dari Get Character, sedangkan untuk getche() merupakan kepanjangan dari Get Character And Echo. Pada fungsi getch() tombol yang kita tekan pada keyboard tidak akan ditampilkan pada console (kecuali kita panggil variabelnya dengan fungsi printf atau fungsi output lainnya), namun untuk getche() tombol yang kita tekan akan langsung ditampilkan pada console. Berikut adalah contohnya:

#include <stdio>
#include <conio>
main()
{
char a;
printf("Tekan sebuah tombol pada keyboard!");
a=getche();
printf("\nTombol yang baru anda tekan adalah %c",a);
getch();
}

DOWNLOAD CONTOH PROGRAM

2 comments: